Lucu, Makanan Asal Jawa Barat Paling Banyak Punya Singkatan

Ilustrasi Pedagang Batagor (viva.co.id)
Humor Berita Cerita Lucu - Setiap daerah memiliki ciri khas makanan atau camilan masing-masing. Kekhasaannya bisa dilihat mulai dari rasa, bahan baku, bentuk, hingga namanya. Bahkan dari namanya, kadang sebuah makanan memiliki singkatan yang unik dan lucu.

Untuk ukuran di Jakarta, nama singkatan makanan yang beredar banyak dari asal Jawa Barat dibanding daerah lain. Camilan-camilan ini banyak dijual di pinggir jalan. Mulai dari jualan keliling hingga yang mangkal di depan sekolah-sekolah.

Nama makanan tersebut sudah tak asing lagi bagi warga Jakarta. Apalagi orang Bandung yang sehari-hari menyaksikan dan kadang menjadi makanan favorit mereka. Mulai dari cireng, cilok, comet, batagor, hingga cuanki.

Itulah pengalaman saya saat berlibur di Jakarta, selama seminggu lalu mulai dari Jumat hingga Minggu. Saya kebetulan orang Bandung yang sedang bermain di rumah kakak saya di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Saya menyaksikan dan mendengarkan sendiri dari obralan dengan keluarga di Jakarta bahwa makanan dari Jawa Barat memang menjadi favorit mereka. Bukan karena keluarga saya orang bandung, tapi banyak juga orang lain dari berbagai suku yang ada di Jakarta memang menyukai makanan camilan asal Jawa Barat itu.

Nah, salah satu ketertarikan mereka dengan makanan khas Jawa Barat ini karena singkatan namanya yang lucu dan unik. Padahal bahan bakunya banyak yang sama, tapi dikemas atau dimasak berbeda menjadi farian lain yang memiliki nama berbeda juga.

Saya sebut cireng, cilok, dan cimol. Tiga nama makanan ini terbuat dari tepung kanji atau aci. Pembedanya cara masak atau makannya. Cireng adalah aci digoreng, cilok adalah aci dicolok, dan cimol adalah aci digemol.

Makanan lainnya, combro adalah oncom dijero (jero dari bahasa sunda artinya dalam, misro (manis dijero), batagor (baso tahu goreng), colenak (dicocol enak),  gehu (toge tahu), geco (tauge tauco). Dan singkatan nama makanan yang lebih lucu baso cuanki. Cuanki adalah cari uang jalan kaki. Artinya jualan baso keliling dengan berjalan kaki. Saya sangat suka dengan baso cuanki yang ada di Jakarta.